Jaman sekarang, brand mana yang tidak memanfaatkan sosmed
untuk mengiklankan produk jualan mereka? Saat ini, pengguna Instagram
sudah mencapai 1 milyar user yang aktif dan akan sangat disayangkan jika
Anda belum memanfaatkan fitur-fitur IG yang sangat efektif untuk
mempromosikan produk/ jasa Anda.
Jika Anda cermati, Instagram punya segudang fitur gratisan yang bisa
dioptimalkan untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas dan
membidik pasar konsumen yang tepat. Yuk, simak apa saja fiturnya!
1.Instagram Business Profile
Instagram for business merupakan fitur gratis dari Instagram yang
dikhususkan bagi para pemilik bisnis. Anda dapat memanfaatkan fitur
Insight yang bisa mengetahui jam berapa followers Anda aktif di
Instagram dan setiap postingan yang Anda buat juga akan memiliki data
statistic seperti berapa orang yang melihat, berapa yang menyimpan
gambar, dan lain sebagainya.
Syarat untuk memiliki Instagram business profile juga sangat mudah.
Anda cukup membuat Facebook page yang disingkronkan dengan profile
Instagram tersebut tanpa biaya. Mudah, kan?
2. Posting konten bermutu dan menarik
Tentu saja, memakai Instagram sebagai salah satu marketing tool
terbukti efektif. Asal Anda benar-benar memposting konten yang bermutu
dan menarik serta relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda menjual jam
tangan sporty untuk anak muda. Konten yang diposting sebaiknya
menyesuaikan target market Anda. Seperti pemilihan warna, gaya Bahasa di
dalam caption – semuanya harus mencerminkan persona konsumen Anda.
3. Instastory
Fitur Instagram story memang masih seumur jagung tapi Anda dapat
memanfaatkan fitur gratisan ini untuk berpromosi. Dengan Story, Anda
dapat memberikan live update aktivitas bisnis Anda atau sekedar
“ngiklan”. Konsep di dalam instastory lebih sederhana dibandingkan
dengan konten di Post karena hanya bertahan 24 jam sebelum hilang dari
peredaran. Akan tetapi, Instastory cukup ampuh untuk meningkatkan
awareness follower Anda terhadap brand Anda.
4. Tambahkan hashtag
Sebelum memakai hashtag untuk bisnis Anda, sebaiknya meneliti
terlebih dahulu hashtag yang sering digunakan untuk produk sejenis.
Jumlah hashtag memang dibatasi sampai 30 buah tapi Anda tidak harus
memakai semua hashtag karena nanti terlihat seperti spamming. Untuk
menemukan hashtag yang dapat mengkonversi memang membutuhkan waktu dan
pengaruhnya juga berbeda-beda – ada yang menghasilkan penjualan ada juga
yang menghasilkan banyak follower. Dengan menggunakan hashtag yang
popular, konten yang Anda posting akan muncul dalam hasil pencarian.
5. Balas komen yang masuk
Instagram memiliki fitur reply comment bukan tanpa alasan. Anda dapat
memanfaatkan fitur ini agar bisa lebih dekat dengan para followers dan
menunjukkan keramahan Anda ketika menjawab pertanyaan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar