Search Bar

Responsive Ads Here

Sabtu, 18 Juli 2020

PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR


 
Istilah
Keterangan
Anchor
Simbol  yang merupakan bagian dari teks html, yang ada dibagian awal dan akhir dari teks yang ditautkan (hyperlink).
Astroturfing
Kata yang menggambarkan kegiatan kampanye tentang politik, iklan, atau informasi untuk masyarakat ingin membuat kesan bahwa yang disampaikan merupakan tindakan spontan dan asli.
Backlink
Link yang digunakan untuk mengarahkan ke website pembuat link.
Black Hat SEO
Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh mesin pencari.
Blog
Web log disingkat menjadi blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum serta dapat diedit secara real time.
Blog Walking
Sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggidan berkomentar dipostingan dengan menaruh URL blog atau web kita disana.
Breadcrumbs (Navigasi Blog)
Sebuah navigasi yang memberitahukan kepada pembaca artikel, dimana posisi pembaca berada biasanya berada di posisi atas halaman blog/web.
Cloaking Page Dorway Pages
Halaman yang sengaja dibuat untuk selalu dikunjungi oleh pengunjung walau sebenarnya halaman tersebut bukan halaman asli yang dicari oleh pengunjung, dan biasanya para blogger menyisipkan kode javascript dalam melakukan hal ini atau dengan cara redirect pages).
Copywriting
Kemampuan creative advertising dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan yang menggabungkan kerja intelektual dan seni dengan tujuan mencapai penjualan ataupun pemasaran.
Crawling
Proses Googlebot ( dapat juga disebut sebagai robot, bot spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang di-update untuk ditambahkan ke dalam index Google.
Istilah
Keterangan
Domain
Nama atau alamat suatu website yang unik di dunia internet.
Download
Kegiatan mengambil data dari internet dapat berupa artikel, lagu, film, foto, gambar atau file lainnya. Kegiatan ini memanfaatkan jaringan internet sebagai medianya. Dalam Bahasa Indonesia kegiatan ini namanya "mengunduh".
Email Marketing
Teknik pemasaran menggunakan media internet dan l surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.
Google adwords
Salah satu bentuk periklanan pay per click yang ditawarkan oleh pihak Google.
Hosting
Suatu tempat atau komputer di internet yang digunakan untuk menyimpan data-data website.
HTML
Hypertex markup language merupakan bahasa standar untuk membuat tampilan halaman website.
HTTP
Hypertex Transfer Protocol merupakan aturan komunikasi standar dalam pengiriman dan penerimaan data.
HTTPS
Hypertex Transfer Protocol Secure merupakan aturan komunikasi dalam pengiriman dan penerimaan data secara terekripsi(aman).
Hyperlink
Kata, frasa, atau gambar yang dapat diklik untuk pindah ke bagian dalam dokumen atau ke dokumen baru. Hyperlink ditemukan di hampir semua halaman Web, memungkinkan pengguna untuk mengklik dari halaman ke halaman berikutnya.
Iklan
Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang dan jasa yang dijual, untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yg ditawarkan di media masa.
Iklan online
Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya (contoh World Wide Web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran
( promosi) untuk menarik pelanggan.
Istilah
Keterangan
Indexing
Memproses masing-masing halaman untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah urutan.
insentif
Pemberian keuntungan dengan harapan memperoleh timbal balik keuntungan/informasi dimasa depan.
Invisible Text
Teks yang disembunyikan dengan tujuan memanipulasi mata dari pengunjung dan biasanya hal ini dapat menggunakan CSS dalam merubah warna teks agar tidak dapat terlihat.
Keyword Stuffing
Kata kunci yang digunakan dihalaman web secara berlebihan dengan tujuan agar mesin pencari dapat melakukan pengindeksan dan menampilkan dalam hasil pencarian pengguna internet untuk semua kata kunci yang dicantumkan.
Konversi
Teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online.
Konversi Instan
Kemampuan untuk mengubah pelanggan secara cepat ketika melakukan pemasaran online.
Newsletter
Alat komunikasi yang digunakan seorang humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu dalam berhubungan dengan konsumen.
Nichi website
Suatu frasa kata untuk topik atau subjek bahasan tertentu yang terpusat/terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu (popular).
Online advertising
Metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.
Online Public Relations
Disebut juga E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.
Page Rank
Sebuah algoritma yang dihitung dengan skala 1 – 10 yang berfungsi menentukan website mana yang lebih penting/populer.
Pass-along
Harapan mencapai keuntungan dalam jangka waktu lama.
Istilah
Keterangan
Pay per Click
Sistem pengiklanan menggunakan media internet dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
Pemasaran online
Segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web). Istilahlainya Internet marketing, e-marketing atau online-marketing
Penyamaran
Informasi yang disembunyikan dibalik pengiriman iklan, game, ebook yang diberikan secara gratis dengan menyisipkan link.
Ping Blog Ping
Cara    yang    dilakukan         oleh     blogger             untuk memberitahukan pembaharuan konten kepada mesin pencari.
Retention-based emails (newsletter)
Alat komunikasi berupa surat elektronik yang digunakan dalam  memberikan informasi mengenai perusahan, baik menyangkut produk maupun orang yang terlibat dengan tujuan untuk menjalin hubungan jangka panjang.
Search Engine Marketing
Mesin pencari, mesin penelusur, mesin pelacak yang digunakan untuk mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum membeli sesuatu.
Search Engine
Optimization (SEO)
Upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian mesin pencari.
SEO Off Page
Menjalin interaksi di luar web  Anda dengan cara backlink.
SEO On Page
Segala bentuk teknik optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud.
SERP
Halaman hasil pencarian(Search Engine Result Page).
Serving/Delevering
Menampilkan hasil pencarian.
Site map atau peta website
Struktur hirarkis dari sebuah website dengan link untuk seluruh halaman yang relevan.
Social Media Marketing
Media online jejaring sosial yang digunakan sebagai alat promosi bisnis efektif dengan para pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi dalam blog, wiki, facebook, twitter dan sebagainya.
Istilah
Keterangan
Spam
Penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna website.
Stealth Marketing
Pemasaran dengan cara pencurian informasi calon sasaran pemasaran tanpa disadarinya (salah satu format dari astroturfing).
Template
Pola dari sebuah website yang sudah didesain dan disiapkan jadi, tinggal pakai, tinggal edit sedikit lalu upload maka website sudah jadi dan dapat dinikmati oleh banyak orang.
Testimonial
Komentar, saran, atau opini yang diberikan oleh seseorang terhadap sesuatu (orang, produk, perusahaan, organisasi, dan lain-lain) dari sudut pandangnya masing-masing dan biasanya bernada memuji.
Trendi
Penawaran tampilan kekinian untuk menarik perhatian pelanggan.
Undermarket
Pemasaran yang tidak melalui mekanisme pasar
(istilah lainnya black market).
Upload
Kegiatan menyimpan atau mengirim data ke komputer lain melalui jaringan internet, seperti misalnya kita mengirim gambar ke facebook atau menyimpan data di komputer hosting. Kegiatan mengupload data ini dalam Bahasa Indonesia dinamakan sebagai "mengunggah".
URL (Uniform
Resource Locator) -
Rangkaian karakter dengan format tertentu yang digunakan untuk merepresentasikan alamat atau sumber dokumen di internet.
Viral marketing
Pemasaran yang menggunakan teknik penjaringan informasi dan atau kebiasaan calon dengan tanpa disadari oleh target pemasaran.
Web dinamis
Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server, seseorang dapat mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser.
Website
Kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink.
Website berita
Website yang mengelola berita untuk di-publish ke internet.
Istilah
Keterangan
Website eCommerce
Website yang bertujuan untuk melakukan perdagangan melalui media internet.
Website E-Learning
Website           yang menyediakan pembelajaran            online melalui internet.
Website Forum
Website yang digunakan untuk tempat berdiskusi di internet.
Website Gallery
Website yang menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online.
Website networking
Website penyedia yang menampung membermember untuk membentuk suatu komunitas. Sehingga member-member di dalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran.
Website Portal
Pintu gerbang bagi website lain untuk memulai aktivitasnya di Internet, menyediakan layanan internet lain seperti surat elektronik bagi member, membuat domain, tempat hosting dan lain-lain.
Website Search Engine
Website yang menyediakan layanan mesin pencari
Website statis
Website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung, Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanya seputar link saja.
White Hat SEO
Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh mesin pencari.
XHTML
Extended Hypertex Markup Language merupakan bahasa untuk membuat tampilan halaman website dengan aturan lebih ketat dari HTML.