Tiap bulannya, lebih dari 250 juta orang
menggunakan media sosial Pinterest untuk berbagai keperluan mulai dari
mencari hiburan, inspirasi, hingga memasarkan produknya. Banyak aplikasi
media sosial yang dikembangkan dalam 10 tahun belakangan, namun hanya
beberapa yang bisa bertahan hingga saat ini. Pinterest adalah salah satu
dari mereka bersama Facebook, Twitter, dan Tumblr.
Pinterest merupakan salah satu platform yang tepat untuk pemasaran
produk maupun usaha Anda. Selain banyaknya pengguna Pinterest dari
berbagai wilayah di dunia, tersedia juga berbagai alat dan fitur yang
dapat dimanfaatkan untuk pemasaran. Sayangnya, masih banyak orang yang
meremehkan peran platform pinterest untuk strategi pemasaran E-commerce.
Jika Anda ingin memperkuat brand Anda atau bahkan meningkatkan jumlah
orang yang membeli produk Anda melalui Pinterest, ini 4 hal yang harus
Anda perhatikan.
Gunakan Cerita yang Menarik
Sebuah post yang menarik bukan hanya tentang visual yang menarik,
namun bagaimana Anda mengungkapkan cerita yang mampu beresonansi dengan
audiens Anda. Ketika Anda membuat cerita, pastikan terdapat protagonis
yang mampu membangkitkan empati audiens, adanya masalah yang dialami
protagonis tersebut, serta penyelesaian dari masalah tersebut yang
merupakan produk Anda
Maksimalkan Penggunaan Tulisan
Konteks dari sebuah post sangatlah penting. Bukan hanya isinya,
melainkan juga ukuran, jenis, dan letak dari tulisan. Pastikan bahwa
tulisan yang tercantum post Anda memiliki konotasi yang sama dengan
visual post Anda untuk memberikan dampak yang lebih kuat bagi audiens
Anda.
Gunakan Strategi Ads yang Tepat
Anda juga bisa memanfaatkan Ads untuk menemukan audiens Anda.
Terdapat beberapa jenis Ads dan Anda harus menggunakan strategi
pemasaran yang tepat agar Ads tersebut dapat bekerja secara efektif.
Sebagai contoh, Promoted Video Pins cocok untuk meningkatkan jumlah penonton video yang Anda bagikan. Sementara Promoted Carousels cocok untuk promosi beberapa produk dalam bentuk gambar secara sekaligus.
Optimasi Landing Page Anda
Pastikan bahwa Anda telah mengoptimasi Landing Page Anda sebelum
menghubungkannya dengan Pinterest. Terdapat tiga hal yang harus Anda
perhatikan sebelum merancang Landing Page Anda, yaitu buat sesimpel
mungkin, gunakan visual dan konteks yang seragam dengan hal yang Anda
cantumkan di Pinterest, serta pastikan terdapat Call to Action yang jelas dan mudah ditemukan oleh pengunjung Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar