Search Bar

Responsive Ads Here

Selasa, 16 Juli 2019

BISNIS BUAT EBOOK


Bisnis ebook semakin diminati oleh para pelaku bisnis online, baik itu para pelaku yang sudah cukup lama berkecimpung di bisnis online ataupun para pemain baru yang sedang mencoba merintis bisnis online.Alasan  banyak orang memilih bisnis ebook: Ingin mendapatkan keuntungan besar
Ada banyak orang ingin berbisnis ebook untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan cara menjual informasi dan keterampilan yang ia miliki. Mencari keuntungan yang besar memang merupakan salah satu faktor utama seseorang berbisnis ebook  tersebut. Ingin berbagi pengetahuan
Selain ini mendapatkan uang, menulis dan mempublikasikan ebook juga dipengaruhi karena orang tersebut ingin tulisan hasil pemikiran atau pendapatnnya dibaca oleh banyak orang dan dalam hal ini ebook menjadi media yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai sarana publikasi tulisan. Ingin dikenal banyak orang
Bisnis ebook pun  juga bisa membantu anda untuk menjadi terkenal. Selain dapat dimanfaatkan untuk kegiatan mendapatkan profit, bisnis ebook juga dapatkan kita gunakan sebagai media untuk membangun brand agar nama  anda  dikenal.
Tips Memulai Bisnis Ebook
Kreasi dan bereksplorasi
Jangan hanya meniru ebook yang sudah banyak di internet saat ini, namun and abisa lebih berkreasi dalam pembuatan ebook. Bagi pemula untuk memulai bisnis ebook cobalah untuk berkreasi dan bereksplorasi dengan topik lain yang belum atau jangan ada di internet. Entah itu topik kesehatan, manajemen, presentasi, dan banyak lagi.
Apa minat anda?
Memilih berbisnis ebook harus sesuai dengan bidang yang anda sukai, jangan hanya ikut-ikutan orang. Perlu anda tahu bahwa bisnis online ebook itu tidak mudah dan untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada anda perlu semangat dan kemauan bisnis sepenuh hati. Nah itu semua bisa didapatkan jika anda mencintai bidang bisnis ebook yang anda tekuni.
Inovasi dan upto date
Produk ebook harus selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan di masyarakat. Sebab jika ebook anda sudah tidak relevan dengan keadaan maka bisa-bisa produk anda ditinggalkan oleh konsumen. Untuk jangan pernah berhenti melakukan pengembangan atau inovasi terhadap perubahan saat ini.
Belajarlah pemasaran di internet
Kemampuan menulis saja tidak cukup, anda juga harus punya kemampuan pemasaran untuk menjalankan bisnis ebook ini. Untuk itu jangan lupa untuk belajar teknik dan cara-cara pemasaran di internet agar ebook anda bisa  laku dengan cepat.
Cara mempromosikan ebook anda
Tentukan  siapa konsumen ebook anda
Walaupun anda bukan ahli promosi dan marketing, tentunya anda tahu untuk siapa ebook  yang anda buat dan siapa kira-kira yang membutuhkan dan kemungkinan akan membeli ebook  tersebut.
Buat landing page
Landing page atau halaman penjualan merupakan salah satu bagian penting dalam sistem pemasaran ebook. Bukan hanya untuk pemasaran ebook namun hampir semua jenis bisnis online juga menggunakan halaman penjualan ini. Inilah halaman tempat anda mempromosikan ebook anda. Di halaman inilah anda menjelaskan apa kelebihan, keunikan dan keunggulan ebook anda dan apa saja manfaat yang akan diperoleh pembaca ebook anda.
Sebagai langkah awal, anda bisa melihat-lihat landing page milik orang lain yang menurut anda cukup berhasil menggaet pembeli. Lalu coba anda membuat sendiri landing page untuk ebook anda
Menentukan tempat promosi yang tepat.
Hal berikutnya yang perlu anda buat  setelah mengetahui target atau konsumen ebook dan membuat landing page  adalah menentukan tempat untuk mempromosikan dan memasarkan ebook anda. Anda bisa memasarkan ebook di media sosial  seperti  facebook, yahoo, email, blog, forum dan situs jejaring sosial lainnya.
Namun  cobalah untuk memilih tempat pertama untuk memrpomosikan ebook yaitu blog anda. Ebook anda bisa  disusun dari posting blog aan pastinya blog anda sudah punya pengunjung tetap dan pengunjung yang hanya sesekali mampir. Mereka mengunjungi blog anda karena menyukai tema yang dibahas di blog atau punya kesamaan minat dan hoby dengan anda.Anda bisa membuat satu halaman promosi lengkap ebook anda di blog.
Banner promosi ebook juga bisa  anda tempatkan di tempat yang paling mudah dilihat di blog anda. Bisa di bagian atas blog, di sidebar atau di bagian bawah posting blog.
Selain di blog pribadi, anda juga bisa mempromosikan ebook anda di blog komunitas seperti Kompasiana, blog detik dan situs jejaring sosial seperti facebook , twitter, google, linked In dan masih banyak lagi tempat untuk berpromosi secara online. Di facebook anda bisa promosi di grup atau halaman facebook yang anda sukai   sesuai   topik yang sama dengan topik ebook anda.
Kalimat promosi yang memikat.
Langkah selanjutnya bagi anda untuk promosi ebook adalah membuat kalimat promosi yang menarik, memikat dan membuat orang penasaran untuk membuka link halaman penjualan dan membaca ebook anda. Semenarik dan sebagus sampul ebook dan isi ebook  yang anda buat jika kalimat promosi anda tak menarik dan memikat, pembaca tak akan melirik penawaran anda.
Namun jangan membuat kalimat promosi yang berlebihan, terlalu muluk-muluk dan tidak sesuai dengan isi ebook yang anda buat apalagi sampai membohongi calon konsumen. Jika anda curang, anda tak akan mendapatkan apa-apa, karena pada saatnya konsumen akan tahu kebohongan anda dan orang tak akan percaya lagi pada anda.
Anda bisa membuat  kalimat promosi yang sederhana dan  mewakili isi ebook anda. Kalimat promosi tersebut terlihat dominan dan membuat orang penasaran untuk mengetahui lebih banyak tentang ebook anda.
Promosi tanpa kebohongan
Jangan pernah melakukan kebohongan saat anda berbisnis, demikian juga dengan bisnis ebook. Jangan melakukan spam, jika anda melakukannya maka anda tak akan menjadi pemasar yang sukses dengan cara-cara yang tidak beretika.
Itu sama saja dengan merusak reputasi anda sendiri di dunia maya. Sampaikan dengan jujur dan realistis tentang kelebihan-kelebihan ebook anda. Jika anda melebih-lebihkan kehebatan ebook anda dan tidak sesuai dengan  isi ebook, hal itu akan mengecewakan pembeli ebook anda. Apabila itu yang terjadi, mereka tidak mau membeli dan mempromosikan ebook anda kepada orang lain, yang ada mereka sangat kecewa membeli ebook anda.
Proses pembelian dan pembayaran ebook yang mudah
Jangan lupa bila anda ingin menjadi penjual yang sukses dan dapat dipercaya maka anda bisa  membuat     kkonsumen mudah membeli ebook anda, lalu mudahkan transaksi pembayaran bagi mereka. Setelah konsumen membaca halaman promosi ebook, dia mulai tertarik dan berniat untuk membeli ebook anda. Dan tidak ragu lagi mereka akan segera membeli ebook anda. Namun bisa saja mereka mengurungkan niatnya dan membatalkan membeli ebook. Mengapa? Karena ketika melihat proses transaksinya terkesan ribet dan berbelit, sangat mungkin mereka malas dan akhirnya memutuskan untuk membatalkan membeli ebook anda.

Tidak ada komentar: